Kopi Rambak

Baru baru ini, beberapa teman di MP mengkritisi tentang penjiplakan karya cipta, yang diakui sebagai karya sendiri. Aku termasuk salah satu yang sebel soal jiplak jiplakan ini. Apalagi di
judulnya di akui sebagai ala dia. Misalnya “kisah dingklik kuno by Ine” atau “sus enak banget ala Ine”

Padahal..biarpun di judulnya mengesankan orisinalitas, itu jiplakan, isinya persis sama dengan aslinya, tanpa modifikasi, tanpa mengakui kalau ini bukan karya sendiri.

Mbak Theresa sudah menulis soal Kopi Bener (copyright), yang kalau dijalankan, akan bikin tidur nyenyak, tidak mengusik perasaan siapapun, aman dan damai dunia ini, bahkan mungkin akan makin semarak karena cermin saling menghargai karya cipta.

Tapi…kalau pelakunya merasa aman tentram setelah membajak/menjiplak…
piye? sakiiiiiit.

Tadi pagi, aku menunggu pak Pudji, teman perjalananku kalau kerja, di tempat biasa. Karena aku terlalu awal 10 menit dari jam yang biasa, aku sempat jalan-jalan, dan lihat-lihat situasi sekitar situ.

Ada tukang rokok di dekat situ, sedang menata dagangannya, antara lain
krupuk dalam plastik. Harga seplastik Rp 500. Aku beli buat teman makan
siangku yang sederhana…nasi dan oseng-oseng kerang.

Krupuk ini mengingatkanku di masa kecil dulu di warung mbok Entir di halaman
sekolah (http://elkaje.multiply.com/journal/59 ). Katanya ini Rambak. Lha…rambak kan terbuat dari kulit sapi, yang rasanya rada seret di leher. Ini kan terbuat dari tepung. Rasanya juga jauh dari rambak. bentuknya aja….di mirip2kan, biarpun nggak mirip.:-)

Jadi….Rambak palsu dong… Jiplakan rambak….Kopian Rambak.

Kopian rambak ini, yang jadoel, lebih padat, makannya aku cemplungin di nasi
yang berkuah. Kopian rambak yang sekarang, lebih renyah dan ringan. Rasanya sama2 asin
gurih. Pokoknya…. makan bakal rame kalau ada krupuk…kriyes..kriyes…kriyes…

Ya…begitulah, Biarpun ini jiplakan, tapi idenya original. Menciptakan hal baru, dengan menjiplak barang yang sudah ada. Kopi Rambaknya enak sih….

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

30 Responses to Kopi Rambak

  1. evimeinar says:

    kerupuk ini suka aku makan pake rujak cingur ataopun bakso,,, bahkan temen makan nasi plus gulai ikan singkong khas sumatera

  2. estherlita says:

    lha kok jam gini OL mbak ? rambak lagi ah… laper neh…

  3. fediandina says:

    Wah Mbak Ine, soal kopi bener dan kopi rambak ini lagi banyak diperbincangkan yah. Saya yang tiap hari kerjanya ngejar berita dan aktualitas, paling sedih kalo ada sesama rekan wartawan yang begitu saja mengopi hasil jerih payah tanpa memberitahu sumbernya. Ini persoalan kode etik kayaknya. Mustinya ini juga berlaku untuk penulisan di internet yah ….

  4. elkaje says:

    evimeinar said: kerupuk ini suka aku makan pake rujak cingur ataopun bakso,,, bahkan temen makan nasi plus gulai ikan singkong khas sumatera

    tooosss…. aku dah lama nggak makan ini…. tadi girang banget Pep

  5. aprilisa says:

    di daerah asal saya di Bumiayu… rambaknya enaaaaak banget

  6. elkaje says:

    estherlita said: lha kok jam gini OL mbak ? rambak lagi ah… laper neh…

    di kantor lagi masalah Internetnya, leleeeeeet banget. jadi…kangen…dan buka di rumah nih sambil ngerjain pesenan. hehehehe…..

  7. evimeinar says:

    elkaje said: tadi girang banget Pep

    wahhh ngeborong kerupuk gak mbak? dulu biasanya suka beli di tukang sayur yg tiap pagi lwt depan rumah

  8. elkaje says:

    fediandina said: paling sedih kalo ada sesama rekan wartawan yang begitu saja mengopi hasil jerih payah tanpa memberitahu sumbernya. Ini persoalan kode etik kayaknya. Mustinya ini juga berlaku untuk penulisan di internet yah ….

    Tentu saja Fedi, ini juga concern beberapa teman di sini. biarpun di internet nggak ada kaitannya ama wilayah komersil, kode etik harus tetap di junjung, ini kan urusannya ama kejujuran juga.

  9. elkaje says:

    aprilisa said: di daerah asal saya di Bumiayu… rambaknya enaaaaak banget

    yang asli apa yang tiruan Lis?

  10. aprilisa says:

    asli doooong… ;-pInget deh dulu pas pulkam pasti bawa krupuk rambak seblik (kaleng krupuk yg kotak gede).Cuman sayangnya sekarang udah jarang yg bikin….

  11. Wah, sedap tuh Kopi Rambak! Belum pernah coba! Jadi ingat ada Kopian Kopi (alias tiruannya kopi) yaitu dibuat dari jagung = Kopi Jagung , itu ya kreatif kan gak punya duit beli kopi tenan beli kopi jagung. Hehehe, jadi ngopi tapi kreatif istilahnya bisa “Kopi Jagung” Hahaha!

  12. orientale says:

    harganya cuma 500 rp yah dapetnya juga rambak-rambakan :Psama nih wkt semasa SD jg sering jajan rambak di warung😀

  13. marienapayne says:

    Kirain kopi rambak tuh apaan haaaaaaaaa.Iya Ine…itu mah kerupukan yg biasa di jual ama abang sayur yg suka ngider di kompleks rumah haaaaaaaa………..ternyata kopi meng kopi pun di mana mana…selain di MP ini……….ngeriiiiiii

  14. haleygiri says:

    Hahaha… baca judulnya, kirain tentang minum kopi sambil nyemil rambak… ternyata…😀 Mbak Inee…. Mbak Ine…. bisaaa aja!

  15. erm718 says:

    sayangnya di Indonesia kesadaran ttg copyright masih rendah….

  16. nonot says:

    Kopi rambak..kirain tentang kopi dan kerupuk rambak. hehehehehe…Tapi kalo kopian rambak ini emang gak masuk yang kopipas soale udah dimodifikasi..Jadi inget istilah jaman kuliah dulu temen-temen sering bilang “plek jiblek persis” kalo soal ujiannya sama dgn soal ujian tahun sebelumnya..:-P

  17. elkaje says:

    aprilisa said: asli doooong… ;-pInget deh dulu pas pulkam pasti bawa krupuk rambak seblik (kaleng krupuk yg kotak gede).Cuman sayangnya sekarang udah jarang yg bikin….

    enak tuh…dimakan pakai petis sapi dari Solo Lis.kalau menggoreng rambak sendiri…rada reseh ya?

  18. elkaje says:

    theresajackson said: . Hehehe, jadi ngopi tapi kreatif istilahnya bisa “Kopi Jagung” Hahaha!

    kopi jangung rasa angus. hehehehe…

  19. elkaje says:

    orientale said: harganya cuma 500 rp yah dapetnya juga rambak-rambakan :Psama nih wkt semasa SD jg sering jajan rambak di warung😀

    sama dong Yam

  20. elkaje says:

    marienapayne said: Kirain kopi rambak tuh apaan haaaaaaaaa.Iya Ine…itu mah kerupukan yg biasa di jual ama abang sayur yg suka ngider di kompleks rumah haaaaaaaa………..ternyata kopi meng kopi pun di mana mana…selain di MP ini……….ngeriiiiiii

    ini akibat aku kurang gaul ama tukang sayur Rien. hehehehehe….di sini perginya ke superkampret melulu…sekali2 ke pasar tradisional nggak menengok kanan kiri…

  21. ningnong says:

    ini namanya kerupuk rambak palsu too? aku taunya kerupuk tahu.. tukangnya yang bilang, padahal tidak terbuat dari tahu hehehe

  22. reipras94 says:

    nggak ngerti rambak nih….xixixixixi……rambak bukannya yang kalo orang narik rambut secara paksa???….*halah…*

  23. elkaje says:

    ningnong said: ini namanya kerupuk rambak palsu too? aku taunya kerupuk tahu.. tukangnya yang bilang, padahal tidak terbuat dari tahu hehehe

    mirip ama stik tahunya Kediri sih Ning

  24. elkaje says:

    reipras94 said: nggak ngerti rambak nih….xixixixixi……rambak bukannya yang kalo orang narik rambut secara paksa???….*halah…*

    rambak suka di sajikan di rm Padang mas. namanya krupuk jangek (BYKS)kerupuk kulit itu. hihihii…jangan suka rambak rambut ah…ntar rontok!:-))

  25. makanenak says:

    fediandina said: paling sedih kalo ada sesama rekan wartawan yang begitu saja mengopi hasil jerih payah tanpa memberitahu sumbernya.

    Gak nyangka ya yang profesinya wartawan saja nggak punya kode etik. Tapi apa mau dikata, Indonesia memang negara maling. Harta rakyat dicuri tiap detik saja tidak masalah. Para pencuri kelas kakapnya masih hidup bebas senang-senang.Di negara Barat, orang memberi credti to each other. Jika tidak, mereka akan mendapatkan reputasi yang jelek, dicap sebagai maling, dan harus menanggung sangsi legal.

  26. cutyfruty says:

    Lho ini namanya rambak juga to? Baru tahu, karena yang aku tahu rambak itu yo dari kulit sapi. Hi…hi…hi… Tapi aku suka kok krupuk kayak gini. Kangen makan krupuk ini. Nunggu pulang kampung, paling enggak setengah tahun lagi deh buat ngicipin kopi rambak kayak gini.

  27. elkaje says:

    cutyfruty said: Lho ini namanya rambak juga to? Baru tahu, karena yang aku tahu rambak itu yo dari kulit sapi. Hi…hi…hi… Tapi aku suka kok krupuk kayak gini. Kangen makan krupuk ini. Nunggu pulang kampung, paling enggak setengah tahun lagi deh buat ngicipin kopi rambak kayak gini.

    namanya krupuk juga, cuma duluuuuu pertama kali ada, di sebut rambak imitasi, karena meniru rambak

  28. kuenyaoyan says:

    hehehe …. suka dapet krupuk ini dari kantin kalo maem siang ..enak juga buat cemilan …

  29. foodngarden says:

    wah itu mah namanya krupuk, bukan rambak. aku suka nyemil krupuk ini saat masih mahasiswa.

  30. amadeus18 says:

    dulu suka beli kerupuk ini buat makan baso sama asinana, celupin ke kuah & sambel, hmm enak, jadi kepengen hiks..hiks..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s