BeKi BoLang

Ini bukan nama orang, ini kependekan dari “Belok Kiri Boleh Langsung” bagian
dari rambu Trafic light (TL).

Di masa-masa awal TL Otomatis, di bawah TL ditulisi pakai papan warna biru
dengan tulisan putih dan tanda panah ke kiri “Belok Kiri Jalan Terus” Lha
ini menuai kritikan. Mau belok kiri kog di suruh jalan terus… lalu…kapan
beloknya? hehehehe….
Akhirnya “rambu” tsb di perbaiki jadi Beki Bolang ini. maksudnya, kalau mau
belok kiri, nggak usah ikut aturan TL. Merah-Kuning-Ijo kapan aja boleh
belok.

Sepertinya tiap TL di tulisi Beki bolang ini, sehingga ini jadi kebiasaan
juga buatku, belok kiri, nggak perlu liat TL. Ternyata…. ada TL yang nggak
di pasang tulisan Beki Bolang. Nah..ini jadi sarana empuk polisi menjebak
pengendara.

Dulu pernah aku kena di Jl Angkasa, dulu belum ada hotel Golden. Dari
gunung sahari (ancol arah ke senen), aku main belok aja ke Angkasa. setelah
beberapa puluh meter, di stop polisi, aku di tuduh melanggar lampu merah. Ya
emang sih…lagi merah pas belok, tapi bukankah Beki Bolang? pak Polisi
bilang kalau nggak ada rambunya, berarti nggak boleh main Beki. Yah…kena
deh..sebagian uang jajan.

Padahal nih, jaman TL belum otomatis, nggak ada aturan beki bolang. Mau
kemana aja, harus nurut ama TL. TL yang aku kenang banget…. di solo di
perempatan pasar Pon. di perempatan Jalan Slamet Riyadi dengan Singosaren
dan Triwindu.

Di tengah perempatan ada pos polisi, pas diatasnya ada satu lampu TL yang
punya 4 sisi. Polisi yang bertugas di pos itu, yang main tombol kapan harus
merah, kuning, hijau. Kalau nggak ada polisi…. ya…nggak ada TL. tapi
nggak bakal kacau, wong…lalin masih belum ramai.

Kalau ada polisi dan TL rusak atau mati lampu, Polisinya mengatur Lalin di
kedua tangannya, pakai selubung zebra warna putih hitam bergaris, kira kira
dari pergelangan tangan ke lengan sepanjang 15 atau 20 cm.

Aku suka menirukan gaya polisi, pakai gelang tangan garis2 juga, dari bekas
kemasan bohlam lampu. Jaman itu kemasan bohlam lampu kan warnanya biru tua
bergaris2 putih…mirip dah ama punya pak polisi. Kira kira ini awal tahun
70-an.

Tulisan ini aku buat, karena kemarin sore, saat belok dari arah terminal
Tanjung Priok masuk ke Kebon Bawang, TLnya mati, aku sempat perhatikan pak
polisi yang ngatur lalin di pertigaan ini, pakai ‘gelang’ putih hitam.
hm…ingat masa kecil lagi.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

18 Responses to BeKi BoLang

  1. dewijoris says:

    Betul banget, jadul Pak Polisi bisa oke aja ya ngatur perempatan tanpa TL dan lancar-lancar aja tuh..sekarang busyeett dah ada TL ada Pak Pol teuteup macet cet….Hihihihi..istilah BekiBolang kocak juga deh..mbak Ine bisa aja🙂

  2. reipras94 says:

    wah……mbak ine main ke kampungku (Tg. Priok-Rawabadak-kebon bawang)…….*anakpriokyanglahirdipuskesmaskebonbawang*

  3. omhanif says:

    malah waktu kecil ada teka teki yg lucucluenya gini.”kalo hidup masuk kotak””kalo mati nari2″

  4. awp2005 says:

    beki bolang bisa juga jadi lahan buat pak polisi yah😉

  5. haleygiri says:

    mbak, aku kok gak ngalami TL non otomatis yg dipencet-pencet pulisi yaahhh… wah, unik bgt tuh!! Klo ditinggal pipis ma pulisinya, bisa lama bangettt tu warna lampu gak brubah😀

  6. Itu disingkat Beki Bolang bagus juga namanya.

  7. elkaje says:

    dewijoris said: Betul banget, jadul Pak Polisi bisa oke aja ya ngatur perempatan tanpa TL dan lancar-lancar aja tuh..sekarang busyeett dah ada TL ada Pak Pol teuteup macet cet….Hihihihi..istilah BekiBolang kocak juga deh..mbak Ine bisa aja🙂

    yang kurasakan, kalau macet…polisi malah kabur

  8. elkaje says:

    reipras94 said: wah……mbak ine main ke kampungku (Tg. Priok-Rawabadak-kebon bawang)…….*anakpriokyanglahirdipuskesmaskebonbawang*

    lha…aku sering tuh lewat kebon bawang, rute pulang kantor kalau tol lagi macet, dari ancol…lewat priok, kebon bawang, by pass.

  9. elkaje says:

    omhanif said: malah waktu kecil ada teka teki yg lucucluenya gini.”kalo hidup masuk kotak””kalo mati nari2″

    hehehe…

  10. elkaje says:

    awp2005 said: beki bolang bisa juga jadi lahan buat pak polisi yah😉

    Apapun bisa tuh…saking kreatifnya polisi Indonesia :-((

  11. elkaje says:

    haleygiri said: mbak, aku kok gak ngalami TL non otomatis yg dipencet-pencet pulisi yaahhh… wah, unik bgt tuh!! Klo ditinggal pipis ma pulisinya, bisa lama bangettt tu warna lampu gak brubah😀

    hehehe….misalnya dia pingin pipis…nggak sempat matiin tuh TL…. gitu ya Haley. hehehe….kali waktu itu kamu belum lahir Nak. Bioskop UP dan Dedy masih muternya bernafas dalam lumpur, si buta dari gua hantu, semalam di malaysia, Cinta (yang main Marini theme songnnya ciptaan Titik Puspa).

  12. elkaje says:

    abiandsammymummy said: Itu disingkat Beki Bolang bagus juga namanya.

    hehehe…dari pada panjang2 nulis Len:-)

  13. elkaje says:

    amadeus18 said: lucu singkatannya.

    iya…kog pas gitu lho…kayak nama orang

  14. milkaw says:

    Waktu lihat polisi di perempatan pasar Pon, aku pernah ingin berdiri di kotaknya itu, membayangkan berdiri di tengah perempatan dan dipatuhi semua kendaraan…. hehehe…. kenangan masa anak-anak.

  15. elkaje says:

    milkaw said: Waktu lihat polisi di perempatan pasar Pon, aku pernah ingin berdiri di kotaknya itu, membayangkan berdiri di tengah perempatan dan dipatuhi semua kendaraan…. hehehe…. kenangan masa anak-anak.

    menghayalmu lebih dari aku ya

  16. jrdd says:

    Yah.. ga berani deh nyetir di tanah air.. udah kebiasaan begitu, tar ga mikir lagi langsung belok “pprriiitt” kena deh.. berapa sih bayarnya sekarang??

  17. elkaje says:

    jrdd said: Yah.. ga berani deh nyetir di tanah air.. udah kebiasaan begitu, tar ga mikir lagi langsung belok “pprriiitt” kena deh.. berapa sih bayarnya sekarang??

    gak tahu berapa sekrang rata2 bayar damai. mungkin tergantung polisinya…dan tergantung penampilan kita juga. makin keren mobilnya…bisa makin besar perasannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s