Kudu jaga diri… pakai karet!

Beberapa hari aku tersiksa karena sakit kepala sebelah kiri. Sakitnya, lama kelamaan menjalar ke leher kiri, kebahu kiri dan ke tulang belikat kiri. Aku bukan peminum obat, jadi sakit ini diatasi dengan di gosok balsem, di kerokin, di pijit. Hilang sesaat, ntar berasa cekot cekot lagi.Sakit ini mengganggu bener aktivitas dan emosiku, kerja nggak bisa, tidur juga nggak enak.

Dulu pernah terjadi di sebelah kanan, tapi nggak separah ini. Dulu sih karena infeksi gigi. Jadi…setelah bertahan beberapa hari, aku ke dokter gigi buat ngobati permasalah ini.Cek sana sini, nggak ada gigi berlubang. ketuk sana sini, tidak ada gigi yang sakit. Meskipun gusi bagian kiri rasanya panas dan ikut cekot cekot, tapi tak tampak merah yang menunjukkan radang.

Si dokter memegang kedua pipiku, pas tulang depan telinga. dia menyuruhku bicara… lalu membuka mulut dan menutupnya perlahan. Buka lagi selebar mungkin dan menutup perlahan. “NAAAAHHHHHH….!” si dokter berseru seperti menemukan sesuatu!

Ternyata sendi di rahangku seperti tersangkut sesuatu, sehingga berbunyi ceklik…ceklik saat menutup mulut. Ini tidak terasa mengganggu bagiku. tapi ini menekan beberapa syaraf yang mengakibatkan sakit kepala.Si dokter menunjukkan Video tentang TMJ nama gangguan yang aku derita. cari tau soal TMJ ini di google … atau liat di http://en.wikipedia.org/wiki/Temporomandibular_joint_disorder

Penyebabnya?? mungkin pernah cedera… atau salah ngunyah selama ini. Ya..memang selama ini aku selalu mengunyah dengan geraham kiri. jaraaaang banget dengan geraham kanan. Jadi…aku kudu makan yang nggak butuh tenaga, jaga mulut supaya nggak ngakak….atau menguap lebar lebar hihihihi…ini paling menyiksa….dan memakai karet selama beberapa minggu, setiap malam sepanjang tidur malam.

Tahun lalu Rachel mulai pakai karet gigi untuk mencegah pertumbuhan gigi permanennya berantakan. Cerita Karet gigi Rachel ada di sini .

Ini masih dilakukan hingga sekarang. Dan aku juga kudu pake, untuk menyembuhkan derita ini, mengurangi tekanan pada syaraf. Mahal juga harga karet belenggu ini! Waduuuh!

Karet yang biru punya Rachel, yang putih punyaku

Percaya nggak percaya, tanpa minum obat, 2 kali pakai karet (2 malam), semua sakit sebelah kiri lenyap. Karet ini kudu dipakai sepanjang tidur malam. Pemakaian pertama sempat tersedak karena belum bisa mengatur irigasi liur:-)) Kata dokter, meski sudah sembuh setelah 2 malam, terus dipakai selama 2 minggu, biar stabil. top dah.. sembuh tanpa obat.

Rasanya bener2 di belenggu karet, nggak bisa ngomong nggak bisa ngemil. Tapi ntar hari Rabu malam…. aku akan membebaskan diriku sesaat supaya bisa ngakak…ngomong ngalor ngidul…makan segala macam suguhan.

Ada apa di hari Rabu malam tanggal 25 April??? *tak sabar menunggu*

cerita Rabu malam klik di sini

Cerita lain soal gigi dan dokter gigi:

Pilih mana, pakai karet atau pakai kawat : http://elkaje.multiply.com/journal/item/65
Permak gigi biar bisa unjuk gigi : http://elkaje.multiply.com/journal/item/463

Beberapa teman yang tanya dokter gigi kami infonya:

Drg Hasen Handjaja
Jl Danau Indah 4 Blok A3/37 Sunter Indah
telp6501168

Lokasinya Sunter di belakang kampus IBii. Praktek tiap malam termasuk malam minggu.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

69 Responses to Kudu jaga diri… pakai karet!

  1. SEMOGA LEKAS SEMBUH duh ikutan sedih, sorry terlambat dah 3 hari gak OL…Cepet sembuh ya! Tgl 25 April ada apa? Jadi deg2an!!!

  2. elkaje says:

    cutyfruty said: Semoga cepat sembuh ya….

    thks ya Sri, haha hihii dibatasi dulu nih :-))

  3. elkaje says:

    wandaruni said: bisa buat alternatif cara diet ya mbak.. secara dibelenggu kan jadi nggak bisa ngemil… hihihi…

    sebenernya iya…cuma karena makainya waktu tidur malam, jadi nggak pengaruh ke diet.tapi aku memang lagi makan yang lunak2.

  4. elkaje says:

    ezrakarundeng said: waduuuuuuuuuh jadi penasaran nih mbak ine nunggu cerita 25 aprilnya…

    hehehe….aku juga pingin cepet2 tgl 25…

  5. elkaje says:

    theresajackson said: SEMOGA LEKAS SEMBUH duh ikutan sedih, sorry terlambat dah 3 hari gak OL…Cepet sembuh ya! Tgl 25 April ada apa? Jadi deg2an!!!

    thks ya mbak…lagi beberes kah??

  6. inongi says:

    cepat sembuh say….rabu malam tgl 25 april di tempat Ku tidur pulas…🙂

  7. elkaje says:

    inongi said: cepat sembuh say….rabu malam tgl 25 april di tempat Ku tidur pulas…🙂

    thks ya, lha…gak mau gabung ntar tanggal 25 ?? hehehehe..

  8. parmanti says:

    Smoga cepet sembuh ya mbak…..biar bisa ceriwis lagi hehehehe

  9. elkaje said: itu alamat udah ku jawab di atas ya San.

    Thanks mbak…Sunter berarti deket Rumah aku hihihi…

  10. modjo says:

    Setelah baca ini saya jadi tahu mungkin ini juga penyebab sakit kepala saya selama ini, krn di depan telinga ada spt benjolan kecil gitu… terima kasih yach mba🙂 dan salam kenal🙂

  11. elkaje says:

    modjo said: Setelah baca ini saya jadi tahu mungkin ini juga penyebab sakit kepala saya selama ini, krn di depan telinga ada spt benjolan kecil gitu… terima kasih yach mba🙂 dan salam kenal🙂

    salam kenal juga, coba aja konsultasi ke dokter, biar cepet teratasi.

  12. cuteyhoney says:

    cepat sembuh ya mba…

  13. reipras94 says:

    25 april mau kopdar-an yah…….:))

  14. srhida says:

    Woo.. aku kiro mau bicarain apaa..lha karet yang untuk jaga diri kan biasanyaa… karet KB!

  15. elkaje says:

    cuteyhoney said: cepat sembuh ya mba…

    thks Iye, udah sembuh dan bisa ngakak!

  16. elkaje says:

    reipras94 said: 25 april mau kopdar-an yah…….:))

    lah..kan udah tuh..di rumah mbak Estherlita

  17. elkaje says:

    srhida said: Woo.. aku kiro mau bicarain apaa..lha karet yang untuk jaga diri kan biasanyaa… karet KB!

    hahaha.,..ojo dibatesi…kan ada karet yang lain, karet gelang, karet ban, karet pentil..semua bisa buat jaga diri! :-))

  18. bukanolegun says:

    aku juga punya masalah yang sama dengan TMJ ini, sama kepalaku sering pusing, dan menghambat aktivitas banget… karet yang kamu beli harganya berapa? KAmu berobat dimana?

  19. elkaje says:

    bukanolegun said: aku juga punya masalah yang sama dengan TMJ ini, sama kepalaku sering pusing, dan menghambat aktivitas banget… karet yang kamu beli harganya berapa? KAmu berobat dimana?

    hai Anny,aku konsul dan beli karetnya ke:Drg Hasen HandjajaJl Danau Indah 4 Blok A3/37 Sunter Indahtelp 6501168praktek tiap hari (malam) harga karetnya 750 ribu. sampai sekarang aku dah nggak problem lagi, kalau kira2 mulai nggak enak di rahang, aku pake lagi tuh karet, nggak sampai sakit kepala atau bahu pegal2 lagi.

Leave a Reply

