Renovasi Oven.

Siang ini aku ke Pasar ikan, ke toko loyang langganan, toko Setia.

Setelah order ini itu…aku duduk di atas peti kayu..tempat favoritku, sambil mulai ngobrol dengan pak Barnas, pemilik toko.
+ Pak…saya mau minta tolong nih…tapi ntar bapak jangan ketawa ya!.
– Minta tolong apa bu?
+ janji ya…. jangan di ketawain.
– Ya…apa dulu? Saya kan nggak tahu… (jawabnya sambil ketawa)
+ ehm…. ini…(rada malu malu juga aku ngomongnya) saya punya oven kayak gitu (nunjuk oven hock) saya sayang banget dengan oven ini, sekarang bagian bawahnya kropos, saya minta di ganti bagian bawahnya aja. Kira kira bisa nggak pak?
– Lihat dulu barangnya.
Aku ambil oven dari mobil…seketika melihat ovenku, pak Barnas dan anak buahnya tak bisa menahan tawanya! Sialan!
– Udah bu…buang aja ini oven, beli yang baru!
+ bapak kan udah janji nggak akan ketawa!
– Gimana saya nggak ketawa…. si ibu penampilan keren… tapi…… ovennya……
Aduuuh….orang-orang tuh…gak tahu bagaimana perasaanku terhadap oven ini …. suka gitu deh. Oven ini dan diriku…sudah seperti kakak beradik. kayaknya tua-an oven ini umurnya ketimbang diriku. Bisa jadi ini oven lebih dari setengah abad umurnya.
Ini ovennya emak (alm nenekku). Udah pernah di sia siakan di rumah Semarang. Kena panas dan hujan. Lalu aku pakai untuk belajar bikin cake di masa remajaku. Trus aku bawa saat aku menikah. Ini sudah mengalami 2 kali renovasi selama menjadi milikku, ini yang ketiga kalinya.
Renovasi yang pertama dulu, mamiku yang ngurus, di bawa ke tukang kaleng di Solo. Bayangin…untuk renovnya kudu menempuh perjalanan Jakarta, Semarang, Solo, jakarta.
Renovasi yang kedua, dilakukan sendiri oleh KJ. sekarang KJ udah gak sempat lagi. Aku juga emoh…wong..hasilnya nggak serapi bikinan tukang kaleng🙂
Oven ini sangat berjasa, selain menjadi bagian sejarah diriku, jadi saksi dari aku mulai iseng-iseng sampai bisa cetak duit.
Saat banjir 2002, aku ngungsi sambil bawa oven ini yang menuai komentar keheranan dari para tetangga. “Bu…bawa barang apa sih ini??” Cuek deh… tapi…biarpun banjir…aku tetep bisa menyajikan pastel tutup, mie schotel, berkat ovenku ini. Biar lagi ngungsi…kan nggak kudu makan indomi terus.
Nah…setelah cerita bagaimana eratnya perasaanku dengan ini oven, pak Barnas bersedia merenov oven ini, membuang bagian yang kropos, dan mengganti dengan yang baru. Tapi tak boleh mengubah bodynya sama sekali. Biar tetep kelihatan antik.
Akupun mewanti wantinya….”awas…ini barang antik, jangan sampai kebuang di workshopnya!”
Mobilku saat akan keluar, harus berbalik arah di ujung jalan, melewati toko ini lagi, terlihat ovenku di taruh gitu aja di atas tumpukan karung di pinggir jalan…bisa di comot gitu aja ama orang lewat.
Pas aku lewat, aku buka jendela dan teriak lagi ke anaknya pak Barnas….
“hoi…ini barang antik..awas ya kalau ilang!” aku sambil ngacungin tinju! lha…orang2 di situ kan makin ngetawain aku… “siapa juga yang mau nyolong tuh barang!”

Duh…moga moga selamat tuh oven! deg-deg-an
lanjutan cerita ini oven ada di http://elkaje.multiply.com/journal/item/239
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

75 Responses to Renovasi Oven.

  1. erm718 says:

    pengen liat ci Ine ngacungin tinju… hi hi :)saya juga seneng barang antik, apalagi warisan dari keluarga krn harganya tdk ternilai (mudik kemarin dapat dolang😉

  2. Moga2 Pak Barnas sukses ya mbak permak ovennya

  3. vilimo says:

    Wah ini mah peninggalan bersejarah yg mesti dilestarikan….

  4. edselmum says:

    . Aku bacanya lagi dilibrary engga tahan cekikikikan ampe dipelototin penjaga perpus. Anyway salam kenal ya.

  5. mbaaa.. aku juga punya tuh.. cuma kecil.. tapi udah tak kasih ama pembantu di rumah.. soale anaknya yang cewe pengen belajar bikin kue pas lebaran 2 taon yll.. yo wis… oven itu udah berjasa buat aku.. sapa tau bisa berjasa juga buat anak si mpok.. btw. gimana kabar si oven..?? koq blom ada kelanjutan ceritanya…😀

  6. andracharoen says:

    Oven bersejarah… moga2 pak Barnas menjaganya baik2…dan benerinnya jadi bagus juga ya mbak.

  7. Sama cie, aku juga tukang simpen barang-barang yang mengandung riwayat sejarah begitu. Sayang aja pindahnya jauh, terpaksa barang-barangku harus disusutkan. Berarti habis direnov, ovennya mau ditaruh dikotak kaca aja cie. Jadi biar ngga keropos lagi, seminggu sekali dipoles biar mengkilat.

  8. kuesyafina says:

    heheheheheh, ikutan ketawa Pak Barnas mbak……………,

  9. srhida says:

    hihi… sing lawas dilungsurke aku wae mbak..

  10. elkaje says:

    adekbayi wrote on Jun 14sama donk mbak .. aku juga punya oven ijo, dulu yg beliin almarhum papa .. ampe sekarang masih disayang2 .. kemaren juga abis dicat ulang hihihi … kenangan gitu loooh .. ine: waaah…punyaku nggak di cat dari sononya..jadi biar gitu aja dahmliz wrote on Jun 14 hihihi..upps…. moga2 Pak Barnas berhasil ya ‘make up’ si oven..:) ine: iya…deg2an nunggu nihsylviegill wrote on Jun 14 asyiknya si oven antik dipermak biar tetap awet muda he..he..he… ine: bener Syl, biar bisa di pake lagi dengan baikauralia wrote on Jun 14 hihihi udah terlanjur sayang ya mbak Inne🙂 lagian ada sejarahnya, pantesan aja dibuang sayangine: iya dong…kenang2an dari para pendahuluku sih.

  11. elkaje says:

    erm718 wrote on Jun 14 pengen liat ci Ine ngacungin tinju… hi hi :)ine : jangaaaan…jelek banget tuh! hehehe…nanaheitmeier wrote on Jun 14 Moga2 Pak Barnas sukses ya mbak permak ovennya ine : aku berharap demikian Navilimo wrote on Jun 14 Wah ini mah peninggalan bersejarah yg mesti dilestarikan…. ine: Betul! setuju!edselmum wrote on Jun 14 . Aku bacanya lagi dilibrary engga tahan cekikikikan ampe dipelototin penjaga perpus. Anyway salam kenal ya. ine: salam kenal juga… jasminecooking wrote on Jun 14mbaaa.. aku juga punya tuh.. cuma kecil.. tapi udah tak kasih ama pembantu di rumah.. soale anaknya yang cewe pengen belajar bikin kue pas lebaran 2 taon yll.. yo wis… oven itu udah berjasa ine: moga2 kesukseanmu menular ke anak pembantu ya Na.

  12. ellytjan says:

    Kagum sama Ine begitu sayangnya sama oven seperti menyayangi teman hidup. Sebab sudah kulino.

  13. syafinaku says:

    Mbak, hari sabtu aku ke Setia sama Etie………….., akhirnya sampai kesana juga.,

  14. vindara says:

    Ha..ha…aku baru baca nih, lucu banget Ci Ine…aku juga sampe ga tega kalo ga nge-cat-in oven nya, tapi bukan ijo di catnya, tapi pink. he..he…

  15. elkaje says:

    ellytjan said: Kagum sama Ine begitu sayangnya sama oven seperti menyayangi teman hidup. Sebab sudah kulino.

    selain itu, karena saya generasi ke tiga yang pegang nih oven, jadi…kayak amanah aja bu, kudu di rawat

  16. elkaje says:

    syafinaku said: Mbak, hari sabtu aku ke Setia sama Etie………….., akhirnya sampai kesana juga.,

    mborong2 Na?

  17. elkaje says:

    vindara said: Ha..ha…aku baru baca nih, lucu banget Ci Ine…aku juga sampe ga tega kalo ga nge-cat-in oven nya, tapi bukan ijo di catnya, tapi pink. he..he…

    mosok…aku crita ke rachel, katanya bagusan digambari barbie aja, biar cantik. Waaaah…..

  18. joelapolo says:

    hihihi mbak ine ternyata cinta berat sama ovennya yah, asik juga pastel tutup minta resepnya dunk hehehe

  19. nanakar says:

    Cik Ine, Saya baca cerita2 tacik, wuah, sampe ngakak sendiri. Emangnya Suyem dan Lusi masi ada yah?Cerita mengenai oven, punyaku mesin cuci, wes keropos, aku ganti yg keropos dan di cat ulang, jadinya blentang blentong, yg baru putih kinclong, yg lama putih mangkak, tapi berhub mesin cuci ini ikut saya sejak anak masi kecil sampe udah lulus semua, eman2 mau dibuang. jadilah barang antik.Kalo oven kan ga ada sparepart yg rusak, paling2 bodynya aja, kalo mesin cuci kan lain, makanya saya pakenya digilir, supaya gak cape :)Anak2 sering ngomel, katanya onderdilnya kalo ga ada, repot, mending sekarang masi ada yg jual, dijual aja. tapi ya masi ga mentolo.Saya jadi mengerti perasaan tacik thdp otangnya.Salam, Nana

  20. elkaje says:

    joelapolo said: hihihi mbak ine ternyata cinta berat sama ovennya yah, asik juga pastel tutup minta resepnya dunk hehehe

    ada tuh resep pastel tutup, cari aja Lin

  21. elkaje says:

    nanakar said: dijual aja. tapi ya masi ga mentolo

    wis kadung sayang ya……:-))

  22. imazahra says:

    Hihihi, kisah yang unik sekaligus menyentuh :-)Mbak, suka deh baca2 jurnal per-baking-an, inspiring :-)Salam kenal dariku😀

  23. elkaje says:

    salam kenal juga Ima.

  24. Hebat! Kagum pada Oven antik dan kisahnya! Pertahankan terusss!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s