#9 KWB : Dua sahabat

Ada pelanggan warung yang hampir tiap hari datang untuk makan pagi, 2 orang Oom yang selalu datang berdua. Aku lupa siapa namanya, tapi seingatku nama ke dua oom ini sama, beda She saja. Misalnya keduanya bernama “Sioe Liong”, yang satu bernama Tan Sioe Liong, yang lain Liem Sioe Liong.

Mereka berdua ini bukan bersaudara, hanya bertetangga dan bersahabat, sama-sama buka toko di jalan yang sama di daerah Singosaren. Yang satu buka toko pakaian, yang lain buka toko jamu. Aku menyebutnya Oom Djadi dan Oom Muntjul. Ini diambil dari nama toko mereka. Para pelanggan yang kenalpun, kayaknya memanggil nama ini, Koh Djadi dan Koh Muntjul.

Oom Djadi, posturnya tinggi besar, berkulit gelap, lebih pendiam, tapi murah senyum. Oom Djadi ke mana mana mengendari Vespanya. Oom Muncul, tinggi kurus, berkulit putih, lebih doyan ngomong, kadang galak kadang kocak. Oom Muncul selalu membonceng Oom Djadi.

Rasanya aku tak pernah melihat mereka datang sendiri-sendiri ke warung, selalu berdua. Bahkan kalau ketemu di jalanpun, mereka berboncengan berdua. Aku juga tak pernah melihat mereka datang ke warung dengan istri masing. Aku tahu istri-istri mereka, kalau sedang lewat jalan tsb, sedang jaga di toko.

Kalau ngobrol bareng dengan para pelanggan lain di warung, Oom Muntjul yang biasa mendominasi obrolan, Oom Djadi lebih banyak meng iya kan dan tersenyum ramah, atau tertawa dengan banyolan oom Muncul.

Saat aku remaja, membaca Tintin, tokoh Thomson and Thomson, mengingatkanku pada pada kedua oom ini, ya…nggak bisa di samakan, tapi ingat mereka yang beda postur dan sifat ini “runtang runtung” berdua.

Dulu sih, tak pernah berpikir ini pasangan unik. Setelah aku mulai menggali ingatan2 masa lalu ini, aku teringat ke dua oom ini, dan baru melihat keunikannya. Ya posturnya, ya sifatnya, ya persahabatannya, dan dalam banyak hal. Justru sekarang ini, aku merasakan mereka berdua ini seperti saling mengerti, saling mengisi.

Mungkin ini yang di sebut mereka berjodoh untuk bersahabat.

**pict dari google

This entry was posted in KWB. Bookmark the permalink.

57 Responses to #9 KWB : Dua sahabat

  1. makanenak says:

    Kalo jaman sekarang banyak yang kayak gini:

    Tapi sayangnya banyak yang pacaran dengan cewek ato beristri. Kasihan sih ceweknya gak tahu kalo cowok ato suaminya gay. Sanak keluarga dan ortu juga sering gak tahu.

  2. elkaje says:

    kalau mau cari, kudu sediakan waktu ke solo nih Ros hehehe…

  3. elkaje says:

    kucingkembar said: Ci Ine.. saya kelewat ni…🙂 pelanggan warung, itu maksudnya warung yang mana…. Mohon maap kalau sudah pernah cerita tapi belum terbaca oleh saya.

    Cing, ini warung yang dibuka mamiku hampir 40 tahun yang lalu. baca tag KWB, ini aku khusus nostalgiaan cerita2 dari warung

  4. elkaje says:

    darrellmom said: hehehe…jaman dulu emang sering lho aku jg liat bapak2 bersahabat dan suka kemana2 ber2.., aku suka liat di temennya bapakku.., beneran bisa klop saling mengisi..ach jaman skrg kayaknya susah…:)

    iya… jaman sekarang jarang ya, orang berteman dengan tulus kayak gini…

  5. elkaje says:

    makanenak said: Kalo jaman sekarang banyak yang kayak gini:

    Tapi sayangnya banyak yang pacaran dengan cewek ato beristri. Kasihan sih ceweknya gak tahu kalo cowok ato suaminya gay. Sanak keluarga dan ortu juga sering gak tahu.

    haduhh Lex.. dunia emang makin rusak ya….

  6. kucingkembar says:

    Waduh Ci Ine, saya langsung ngacir membaca seri KWB itu. Duh… ikut bernostalgia membaca kisah2nya…. Jadi ingin ikut merasakan kateringnya Maminya Ci Ine…. Kapan pulang kampung, nanti saya bela2in ke Solo… cari semua makanan yang Ci Ine sebut2 disini… Mmmmmm…. mmmm….

  7. elkaje says:

    Semua cuma bisa di kenang Cing… hehehe..itu yang bisa kulakukan sekarang.

Leave a Reply

