Rawaseneng : Ibadah 7 kali sehari

Salah satu sudut biara, di waktu subuh

Jadwal doa 7 kali sehari, diawali dari jam 3.30 di tengah dinginnya udara pagi. Setiap doa/ibadah, setidaknya membutuhkan waktu 30-45 menit. Bagi pengunjung macam aku, yang cuma tinggal sehari, masih belum terasa jenuhnya. Lah..para biarawan yang tinggal di sana, itu adalah ritual sehari-hari.

Selama tinggal 16 jam, aku hanya ikut 4 kali ibadah, tak semuanya kupahami, tapi ada satu saat yang membuatku tercenung, seolah di ingatkan akan satu masa gelap yang pernah kualami. Ya…ketika rasa itu lewat, aku merasa sungguh bersyukur bisa melaluinya dan mengingat hal itu tanpa rasa marah lagi.

Disaat saat aku tak mengerti dengan liturginya, aku cuma memejamkan mata, bermeditasi, tapi tetap pasang kuping, mendengar doa dan pujian yang dilantunkan dengan irama gregorian.

Seorang Rahib yang tinggal berdoa, seusai satu ibadah

Ke Rawaseneng bersama Haley, aku sendiri tak punya tujuan khusus selain kepingin tahu kehidupan biarawan di sini. Selain ikut ibadah, kami juga berjalan jalan di sekitar biara. Di satu sudut kebun, setelah mengikuti jalan setapak, ada patung bunda Maria, dan seorang biarawati yang sedang berdoa. Setelah berdoa, ibu itu berjalan turun, dan masuk ke pintu seng. Penasaran aku mengikutinya, rupanya beliau sedang berdoa dan membasuh muka dan tangan.

Mengikuti jalan setapak di taman

Airnya dingin, aku dan Haley ikutan membasuh muka di situ… lha sejak bangun belum cuci muka sih. Lagian…kami telah sepakat, tidak akan mandi pagi:-))

This entry was posted in Kopdar dan Jalan and tagged . Bookmark the permalink.

31 Responses to Rawaseneng : Ibadah 7 kali sehari

  1. Aku dua kali ke sana In dan keduanya membuahkan hasil yg kusyukuri hingga kini, semoga demikian halnya dng Ine dan Haley, Amien!

  2. dinar02liebe says:

    wah seru sekali pengalaman rohani nya ya..membuat hati teduh dan lebih dekat dengan Tuhan.

  3. tlss says:

    sayang aku ngga pernah kesini Ne. kapan2 mo ikutan dong……apalagi kalo sama Haley……tapi jangan pake acara yg seyem2 ya…..

  4. Jadi ingat masa kecil dimana masih ada gua Maria dengan taman kecil di depan gereja Kebon Dalem (Semarang). Dua tahun yang lalu waktu nostalgia ke sana, semua sudah berubah. Taman itu sudah tidak ada lagi. Komplek sekolah dan gereja sudah seolah olah terpotong jadi dua karena jalan di kiri dan kanan sungai sudah diperbesar dan menjadi jalan umum.

  5. yohanesss says:

    Wah saya malah belum pernah ke sana. Semoga suatu hari nanti Mbak Haley berkenan mengajak diriku.

  6. elkaje says:

    sekali sekali perlu mencari ketenangan di tempat macam ini.

  7. elkaje says:

    sama sekali ndak ada serem2nya Suz, pergi bersamaku dan Haley, isinya cuma cekikikan, bahkan di saat yang mungkin bagi orang lain hal yang menyebalkan (mobil mogok) tetep ada hal lucu dan baru yang bisa diomongin. Modalnya cuma ndableg dan cuek, semua bisa happy

  8. elkaje says:

    sayang ya pak… kurang keasriannya..

  9. elkaje says:

    lah..kan deket dari yogya pak Yo, tapi beneran asyik kalau perginya ama Haley

  10. imahartanto says:

    pengalaman batin & rohani yang tak terlupakan ya …kapan ya aku bisa kesana🙂

  11. lbillstein says:

    mudah2an kalo aku mudik oct nanti, ada kesempatan utk mampir kesini….

  12. eddyjp says:

    7 kali sehari..wah…nggak gampang itu kalo niatnya nggak bener bener Ne…he..he..he..mungkin supaya bisa 7X7 kali memaafkan ya ?

  13. lbillstein says:

    Ed, kalo dikau 7x sehari, bisa nggak berbentuk lagi…..:))

  14. haleygiri says:

    kunjungan kita sepertinya terlalu cepat ya?kapan2 aku mo kesini lagi… klu sendirian naik motor, rasanya gak terlalu jauh ah…😀

  15. elkaje says:

    nekat… ngompreng wae Yu..ojo motoran… ngeri di daerah jambu/pring surat tuh.

  16. elkaje says:

    kalau mau nginep, reservasinya rada susah, penuh terus tuh cie

  17. elkaje says:

    kalau udah di sana, gak usah ikut aturannya Ed, soale ndak ada pilihan lain. kalau ndak ikut doa… mosok mau main ama sapi? hehehe..

  18. haleygiri says:

    hihihi… kan aku ngeyelan mbak… lagian mo njajal kekuatan… (tibane, tekan rawaseneng langsung semaput ra isoh melu ibadah… hahaha)

  19. elkaje says:

    apakah alasan mau tinggal lebih lama, karena susu? hehehe…tapi iya Yu..aku berasa kurang dan pingin balik dan tinggal 3-4 hari

  20. elkaje says:

    emang ngeyel tenan ki…

  21. haleygiri says:

    elkaje said: apakah alasan mau tinggal lebih lama, karena susu? hehehe…

    salah satunyaa… hahahahoh susunya rosalina emang asoyyy!!!

  22. elkaje says:

    sayang, bolehnya deket Rosalina kalo susunya dah diperah habis :-))

  23. vilimo says:

    setiap kali doa itu udah ada pembimbingnya Ci?

  24. elkaje says:

    gak ada Lin, tapi kayaknya bisa kalau mau konsultasi pastoral.. ada Fr yang bergiliran tugas di kantor.

  25. ellytjan says:

    Ed, kalau sembayang bisa 7x berarti jiwa anda sudah suci dan dekat dengan Bunda Maria.

  26. rann1e says:

    thanks for sharing ine…wish i can go there someday….

  27. eddyjp says:

    ellytjan said: Ed, kalau sembayang bisa 7x berarti jiwa anda sudah suci dan dekat dengan Bunda Maria.

    He..he..he..Tan, jangan salah kaprah deketnya sama Tuhan Yesus yang terpenting :))

  28. elkaje says:

    bu Elly, bagiku, sembayang itu penting, tapi kalau ndak mengamalkan, cuma sembayang thok, apa gunanya? hehehe..

  29. lyan42 says:

    kayaknya kok tentram banget doa disitu ya Cie… jadi pengen kapan2….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s