Kalau gak mau kantong kresek di supermarket

Setiap ke supermarket, aku bawa tas kain. Karena selama ini tak pernah belanja banyak, beberapa tas kain. 4-6 tas kalau dilipat bisa masuk ke tas cangklongku.

Suatu saat karena merencanakan belanja banyak, tas yang kubawapun juga lebih banyak, dan tak bisa semua masuk ke tasku. Jadi, salah satu tas kain itu aku pakai untuk membawa tas2 yang lain.

Ketika masuk ke supermarket, petugas keamanan supermarket minta agar tas kain itu dititipkan di counter penitipan. Lah..ini kan ntar untuk tempat belanjaan ketika keluar dari kasir. (sambil menunjukkan isi tas tsb)

Kata pak Satpam, kan setiap belanjaan selalu di beri kantong.

Justru aku menghindari pemakaian kantong itu… Tapi aturannya, tas besar, tas belanjaan dilarang masuk. dititip aja, ntar kalau barang belanjaan mau di hitung, baru di ambil dari penitipan.

Lah kog ribet amat, padahal dengan aku bawa tas kain, justru supermarket diuntungkan, karena hemat. harusnya pelanggan kayak aku ini dapat satu reward, bukan malah dipersulit. mana tempat penitipan itu jauh dari kasir.

Aku bilang ke satpam, kalau nggak boleh masuk juga, aku gak jadi belanja… karena supermarket ini tak berpihak pada orang yang menghemat pemakaian kantong plastik.

Boleh juga akhirnya.. masuk dengan segepok tas kain.

foto dari google
Tidak sepenuhnya bisa menyalahkan pak satpam, karena dia hanya menjalankan tugas. Harusnya supermarket sudah punya satu sisdur menghadapi pelanggan yang bawa tas sendiri, misalnya tas tsb di ikat, dan ikatannya bisa dibuka di kasir saat membayar nanti. kan yang bawa tas mungkin bukan cuma aku sendiri.. meski selama ini belanja, belum pernah ketemu orang yang bawa tas sendiri.
This entry was posted in Liputan dan Opini and tagged , , . Bookmark the permalink.

38 Responses to Kalau gak mau kantong kresek di supermarket

  1. erm718 says:

    di Indo masih belum terbiasa dgn budaya bawa tas sendiri ya ci Ine… banyak yg beranggapan udah beli barang rugi ga dikasih kresek… hehe!

  2. elkaje says:

    Bener Ka, bawa tas sendiri itu masih belum populer… malah di supermarket, aku lihat orang tuh sebisanya dapat kantong banyak2… buat tempat sampah katanya!!!!~

  3. dphn04 says:

    kalo disini udah populer banget pake tas kain, malah dianjurkan Bu Ine…iya..sayang di Indo belom popluer ya, pdahal kan bagus utk lingkungan krn ngurangin limbah plastik.dan dari pertama ke supermarket yg paling bikin takjub, ga ada penitipan, tas2 ato bawaan dari toko lain boleh aja dibawa lenggang2 masuk ke supermarketnya, di Indo kayaknya belom bisa yaks sistem ini diterapkan hehehe

  4. ningnong says:

    Pernah punya pengalaman spt itu… Bawa tas sendiri, malah diketawain.. Lhaaa? Kebetulan belanjaanku gak gitu bnyk, jadi tas kain bisa kulipat2 dan masuk tas tangan..jadi tas kainnya br dikeluarkan di kasir..

  5. eddyjp says:

    Usulin ke supermarket langganan dikau Ne, memberikan kemudahan pada orang yang cinta lingkungan biar mereka bisa dapat nama baik juga, win win.

  6. cindil says:

    AKu selalu bawa tas sendiri, warnanya hijau hehehhehe….

  7. pandabulet says:

    ogut jg bawa tas sndiri kalo blanja…skrg jd suka nyimpen tas (environment friendly), warnanya macem2…

  8. beeglay says:

    tp lumayan tuh plastik, buat bungkus2 sesuatu dirumah..

  9. lbillstein says:

    disini ada bbrp tempat belanja yg men-charge kalo kita minta kantong plastik

  10. elkaje says:

    brarti orang sini, belum bisa di percaya ya Helen..hehehe..

  11. elkaje says:

    hehehe.. iya Ning, kita berdua kalau pergi bawa tas kain dalam tas kita ya..

  12. elkaje says:

    iya Ed, mau nulis surat nih…

  13. elkaje says:

    beberapa tasku oleh2 dari teman, warnanya juga ijo An.

  14. elkaje says:

    di sini kesadaran untuk bawa tas sendiri, masih jarang Tik

  15. elkaje says:

    haruskan pemerintah sini bikin satu regulasi soal kantong plastik ya… tapi malah yang dipopulerkan di sini, kantong plastik degradable

  16. blessinggift says:

    Aq koq msh ragu ya sama yg namanya kantong plastik degradable.. Apa beneran ga ngrusak lingkungan.. Fuh pdhl yg kayak Ci Ine nih mesti di *like* gitu.. Apalagi skrg lagi musimnya Go Green..

  17. helvinrita says:

    bawa tas kain aja disuruh nitip… gimana kalo pake tas trolly yg khusus buat belanja yaa.. hahahhaa…

  18. fjaco says:

    wah patut dicontoh nie mbak Ine. Kalau aku ke pasar yang kadang bawa plastik bekas belanjaan juga

  19. lanawee says:

    klo belanja di Target di sini, kalo pake tas kain sendiri, dapat diskon 5 sen per tas yg dipakai. tapi klo gak ditaskan, baik kreseknya dia ato tas kita sendiri, gak diskon.

  20. elkaje says:

    iya sama.. apapun namanya, tetep kantong plastik, yang orang2 masih nggak menghargai, dan sering membuangnya ke tempat sampah.

  21. elkaje says:

    naaaa…itu dia Rit..hehehe… bawa troly ndiri semestinya makin asyik ya… mereka ndak usah bayar karyawan untuk ngumpulin troly di tempat parkir

  22. elkaje says:

    iya Fem, kantong bekas aku bawa kalau ke pasar tradisional. buat tempat cabe, taoge, bawang. ntar di lipat lagi…bisa di pake lagi.kalau ke supermarket, pakenya bekas, tapi yang putih bening, label bekasnya di copot dulu

  23. dhiethey says:

    hehe… sy pernah ngalamin ci lagi belanja ke alfamart, bw kantong sendiri malah dicurigain…. udah gitu kalo ke pasar pun sy bawa kantong sendiri, malah si tukang jualnya bingung, knp sy nolak kantong kresek… suka maksa untuk pake kantong kresek dia walau sy udah tolak… hehehe

  24. elkaje says:

    harusnya gitu ya Lan… jadi pembeli kan makin rajin bawa tas sendiri

  25. elkaje says:

    Esther, kalau di pasarku, udah pada halaf, karena aku selalu bawa kantong sendiri buat beli sayur yng kering2 macam taoge, cabe. klo yang basah seperti ikan, udang, aku bawa ompreng

  26. mayaekt says:

    Ci, kayaknya di sini penjaga-nya takut kalo kita bawa tas sendiri, tar nilep barang2 kecil, makanya tas yg di bawa ke dalem toko gak bisa macem2…. sedih ya ;( …. aku juga punya tas kain buat belanja ke pasar, bikinnya gampang dan bisa pake kain2 sisa😀

  27. srhida says:

    salut mbak.. aku mau niru ah.. Jeng Shanti (mysant) udah, mbak Ine udah.. jadi makin smangat pengen gitu juga! Go green!

  28. elkaje says:

    ya itu May, kalau emang takut di tilep, buatlah system, misalnya tas kainnya di masukin tas trus di segel… kalau gak mau segel magnetis kayak matahari itu… bisa pake segel sederhana yang hanya boleh di buka oleh kasir.

  29. azizasf says:

    betul mba…enakan bawa tas kain sendiri….malah kasirnya seneng..soalnya kantong plastiknya ga cepet habis..:D…pengalaman bawa tas kain yang banyak malah disuruh bawa kedalam tapi diiket dulu di pintu masuk…sekarang kalau bawa bekal makan siang bawanya tas kain..jadi koleksi tas kain macem-mecem malah pengen bikin sendiri mbak…:D

  30. cutyfruty says:

    Disini sih biasa bawa tas sendiri kalau belanja di supermarket. Malah harus bawa daripada beli tas plastik di supermarket. Biasanya tas belanja yang dibawa gede ukurannya. Lha piye wong dinggo isi macem-macem. Kasir juga punya hak untuk memeriksa barang bawaan kita. Jadi misalnya kalau kita bawa ransel gede (karena di sini ngga ada tempat penitipan barang, wong bayar pegawe mahal), kasir punya hak untuk melihat isi ransel yang kita bawa.

  31. elkaje says:

    yo asyo mulai Hida..

  32. elkaje says:

    iya Tan, beberapa aku ya bikin sendiri.

  33. elkaje says:

    lah di sini tuh lucu…. superkampret katanya peduli lingkungan, dengan menggunakan kantong plastik (meski di kasi judul degradable)ada superkampret yang bikin hari ramah lingkungan, tidak akan memberikan kantong plastik. para pelanggan yang berbelanja di persilakan bawa tas sendiri. kalau gak bawa tas silakan beli tas….tapi tas plastik. preeet… hahaha..wis…itu semua masih setengah hati Sri.

  34. haleygiri says:

    disini biasa banget mbak belanja bawa tas sendiri. Aku pun gt kok gak lupa… ahahahaha…wis suwe ra nglirik MP, ganti background ternyata…

  35. kenmelania says:

    Saya malah senang bawa basket atau tas belanja sendiri. Karena disini plastik biasa juga ga bisa dipake untuk buang sampah [buang sampah kudu pake plastik khusus terbitan kota setempat]. Kalo rencana belanja banyak, biasanya saya bawa basket [yang kayak di supermarket2 untuk naruh barang], disini juga biasa😀 Didalam tas juga bawa tas lipat khusus belanja [mana tau ga muat or ga niat belanja malah jadi belanja😀 ]Di Indo mungkin karena belum terbiasa aja x, ya … Plus kesadaran dari masing2 pribadi masih kurang buanget😀 Salut untuk Ci Ine …

  36. Semangat Cik Ine!Pengalaman di sini ada supermarket yg kasih potongan 15 cent per tas yg kita bawa. Ada juga yg sama sekali nggak sediain kantong plastik atau kantong kertas, tapi mereka sediain kardus2 bekas mereka di depan kasir. Ada juga yg cuma sediain kantong kertas.

  37. mylianov says:

    padahal di spm2 gede mereka juga nawarin kita tas kainnya u/ alesan greenliving yo mbak..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s