Memimpikan Pedestrian asri

Aku suka berjalan kaki, karena dengan berjalan kaki bisa:

  • membakar kalori
  • melihat keadaan sekeliling dengan lebih seksama
  • bisa berinteraksi dengan orang yang berpapasan
  • hemat ongkos kendaraan
  • hemat mengeluarkan asap knalpot

Sayangnya, berjalan kaki yang nyaman di tempat terbuka, tak bisa dilakukan di sini. paling nyaman berjalan di mal, itupun, hanya bisa berjalan santai, susah berjalan cepat cari keringat, dengan pemandangan standart, etalase dan pendar lampu2 dan sejuk artificial dari AC. ah.. aku bukan penikmat suasana mal.

Aku gak suka berjalan di Pedestrian/trotoar di sini, karena

  • trotoar dipakai buat parkir motor, jadi pejalan kaki justru mengalah, turun… ke jalananan, bisa kesrempet kendaraan.
  • trotoar dipakai buat lewat motor, bajay, sepeda
  • trotoar dipakai buat pedagang kaki lima, buat mendirikan tenda makanan, tambal ban, kios bensin, kios rokok
  • trotoarnya naik turun, suka suka si empunya rumah/toko, yang bisa memangkas atau meninggikan trotoar di depan rukonya
  • Ada lubang selokan di trotoar yang nggak di tutup, kalau nggak waspada, bisa kejeblos
  • trotoar dari paving block, kadang berantakan, bisa bikin tersandung pejalan kaki
  • trotoar untuk menimbun sampah atau material bangunan
  • trotoar suka di pakai parkir mobil, mangkal para tukang ojek

Kapan ya pejalan kaki di Indonesia dihargai?

  • trotoar tidak dialih fungsikan
  • trotoar berpihak pada penyandang cacat seperti di luar negri (yang kulihat di Singapore dan Tokyo… jalur bertekstur yang bisa diikuti oleh orang buta, bisa dijalani oleh pemakai kursi roda)
  • trotoar sejuk rimbun dipagari pepohonan.
  • punya penerangan yang cukup di malam hari

 

Ini Pedestrian impian.. ada di Solo. Meski ini cuma sepenggal jalan di Slamet Riyadi, meski belum ada sarana untuk penyandang cacat, tapi bisa menimbulkan harapan, semua pemkot memikirkan pedestrian asri macam ini.

Seandainya saja semua trotoar di Indonesia seperti ini… Asri, lega, rata.

lokasi depan House of Danar Hadi Jalan Slamet Riyadi Solo

This entry was posted in Liputan dan Opini and tagged . Bookmark the permalink.

40 Responses to Memimpikan Pedestrian asri

  1. lbillstein says:

    kayaknya kalo di jkt, cuman impian doang ya……udh terlalu padat, sesak nggak karu2an…….aku nyeberang di zebra cross malah mau ditabrak dan eh…malah pengemudi mobilnya yg melototin aku………

  2. elkaje says:

    bener cie.. kita nyebrang di zebra cross, malah diklason2i. Miskin sarana buat pejalan kaki, para pengendara juga miskin etika.

  3. Iya, jalan kaki bisa cepet bikin langsing🙂

  4. elkaje says:

    haha… klo jalan kaki di sini, ketemunya tukang gorengan, tukang siomay, tukang baso gimana mau langsing Shin?

  5. ningnong says:

    tapi itu cuma sepetak di depan danar hadi kan? di bintaro ada juga, walaupun gak terlalu lebar.. lumayan lah mbak.. hehehehekarena ada trotoar itu, sekarang aku jadi rajin jalan pagi lagi…

  6. jrdd says:

    Yaaah.. gimana kalo cuma jalan2 sekitar komplek rumah aja mbak??? nunggu kucing bisa meng-gong2 kali ya, baru di JKT bisa jalan kaki😀

  7. eddyjp says:

    Wah asik banget tuh yang di Solo, tetangga jauh di lingkungan daku, trotoar didepan rumahnya malah disusun kotak segi empat bata dan dijadikan tempat nanam kerna takut orang jualan didepan rumahnya.

  8. elkaje says:

    enggak Ning, sepanjang slamet riyadi tuh… asyik kan?

  9. elkaje says:

    di sekitar komplek lumayan lah Ros, cuma kalua mau pergi2… harus pake mobil. mau santai naik kendaraan umum, jalan kaki.. blas ndak nyaman

  10. elkaje says:

    banyak Ed yang kayak gitu, jadi rusak trotoarnya

  11. remangsenja says:

    saya juga mimpi mbak, jakarta punya trotoar memadai. di sepanjang sudirman thamrin, sering dilewatin motor.😦

  12. gak di jakarta aza ie.. disini juga rame berdagang di trotoar :-((

  13. elkaje says:

    semoga terwujud dikemudian hari ya Rie.. entah di sudirman, thamrin, atau di banyak tempat lainnya. biar kita bisa makin banyak jalan kaki

  14. elkaje says:

    khas indonesia kayaknya Vris

  15. kuesyafina says:

    mari kita wujudkan impian itu xixiixixix kita bilang ke si kumis

  16. elkaje says:

    Erna, menurut ahlinya Jakarta “ah..itu kagak penting” preeeeeet

  17. miapiyik says:

    mba Ine, aku jalan kaki yg enak cuma seputeran kompleks rumah, pedestrannya bisa dpake jalan pagi, atau di sisi jalan raya.selebihnya, engga😦 kecewa ama polusi dan banyaknya motor di trotoar

  18. chenmarlin says:

    kapan2 main ke sini Ci Ine, kita jalan kaki ke mana-mana, bikin iri deeeeh.

  19. elkaje says:

    Lin.. iya.. ntar mecah celengan jago dulu ya.. hehehe..

  20. elkaje says:

    lumayan.. masih ada yang asri ya Mia

  21. Di sini selama winter banyak manula yang jalan pagi di dalam mall, karena di trotoar dingin. Mall sudah buka jam 6 pagi, tetapi toko2 masih tutup. Pengelola mall memang memberi kesempatan manula atau yang mau untuk jalan pagi. Pada umumnya mereka pensiunan. Jalan pagi diakhiri ngobrol dan secangkir kopi.Setuju comment Linda. Bahkan kota2 lain juga sudah tak punya trotoar untuk jalan. Kepadatan penduduk membuat kenikmatan berkurang, tetapi mendatangkan duit.

  22. upik2806 says:

    yaah… sama om kumis, jgn pedestrian, pohon aja di babat buat jalan baswe. rada plin plan ya pemerintah, sebentar menyerukan menanam sejuta pohon, sebentar nebangin pohon buat baswe…

  23. setuju ci, kasih hujan bentar aja trotoar di jakarta dah kleleb…hehee

  24. cutyfruty says:

    Lha aku ki luwih wani mlaku nang trotoar kéné kok timbang nang trotoar di Jakarta. Lha piye, kadang trotoar dilewati motor, malah kadang angkot waé munggah trotoar. Pit-pit-an yo podho. Mending pit-pit-an nang kene timbang nang nDepok….

  25. mylianov says:

    3 tahun belakangan surabaya berbenah mbak, trotoar/pedestriannya apik & rapi, tertib pula.. ngga ada yg brani melanggar. ya masi ada lah 1-2 kios rokok kecil2an tapi jarang dan hanya menempati wilayah yg sekiranya sepi ngga bikin sumpek. taman kota diperbanyak, dan PKL banyak direlokasi ke futkort2 taman kota. salut ama bu walikota, sebelum menjabat walikota blio kepala dinas pertamanan, yg mengebrak dengan mengijaukan sby & menertibkan pedestrian. heran dengan sebelum2nya, duitnya pada lari kemana ya..ga ada wujud samasekali😀

  26. elkaje says:

    kalau aku perhatikan nih pak, di komplek sekitar rumah, kurang ruang terbuka. orang jalan2 dan olah raga di jalanan. senam bersama atau taichi di halaman parkir mal. ada satu taman, khusus buat joging, tiap pagi penuh kayak cendol.ya.. pemerintah kurang perhatiin hal seperti ini, padahal kan bikin lingkungan asri.

  27. elkaje says:

    ternyata menurut ahlinya jakarta, itu yang terbaik Rit. weeeeks

  28. elkaje says:

    yang ngenes itu ya Rie, orang berteduh di halte bus aja, bisa mati.. karena kejeblos ke gorong2 yang nggak di tutup di trotoar.

  29. elkaje says:

    emang Sri… jangankan pit2an… mau naik angkot wae butuh nyali besar.. soale kadang di suruh nggandul di bangku paling pinggir dekat pintu, dan pintunya ndak di tutup.di sini, trotoar jadi barang mewah

  30. elkaje says:

    semoga surabaya bisa jadi contoh bagi kota2 lainnya ya Liyah. (semoga solo juga ding) Aku pernah dengar wawancara di TV si ibu Walikota, orangnya sederhana, misinya bagus, gebrakannya yahud ya… nggak pake sesumbar sana sini, langsung hasilnya ada.2 kota ini (sby dan solo) di pimpin oleh walikota jempolan

  31. lovacute says:

    Pengen banget bisa jalan pagi ditrotoar yang rapi dan nyaman, sepanjang jalan kebon sirih trotoarnya dipakai buat motor yg lawan arus, tukang jualan sama parkir, mana banyak lobang jadi was- was kalau jalan, temen sudah ada yang terperosok karena kalau malam gelap ngak kelihatan lobangnya.

  32. elkaje says:

    Sian, klo di komplek rumahmu, bukannya asri?

  33. learningaza says:

    Numpang comment yach mbak… terimakasih sebelumnyaAku juga lebih suka jalan kaki as lebih sehat untuk badan juga hemat di dompet.BTW.. aku suka nyontek resepnya mbak Ine.. semoga tidak keberatan yach mbak..Salam maniez

  34. learningaza says:

    lbillstein said: kayaknya kalo di jkt, cuman impian doang ya……udh terlalu padat, sesak nggak karu2an…….aku nyeberang di zebra cross malah mau ditabrak dan eh…malah pengemudi mobilnya yg melototin aku………

    kalau di Sydney.. yang di zebera cross udah dihargai banget yach Linda.. tapi aku akhir2 ini rindu Sydney yang dulu,, yang di mataku jauh lebih bersih😦

  35. elkaje says:

    hallo…. terimakasih sudah berkunjung. nggak keberatan kog resepnya di contek.

  36. upik2806 says:

    elkaje said: ternyata menurut ahlinya jakarta, itu yang terbaik Rit. weeeeks

    superrrr weeeksnya mba…wakakak

  37. upik2806 says:

    elkaje said: solo) di pimpin oleh walikota jempolan

    semalam nonton wawancara tanri abeng sama si walikota solo….aiiiih, pengen punya walikota apa gubernur kayak dia di jakarta deeeh

  38. elkaje says:

    yah Rit… aku taunya telah dibilangin ama temanku orang solo… tapi emang walikota solo dan surabaya itu layak dijadikan teladan. nggak gembar gembor menyatakan diri ahli.. tapi toh jadi.

  39. pigalette says:

    aku setuju banget nihh =)

  40. elkaje says:

    pigalette said: aku setuju banget nihh =)

    tooost!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s