Belanja kain (lagi) ke Tanah Abang

Setelah gonjang ganjing penertipan PKL Tanah Abang, nggak sabar aku untuk melihat situasi Tanah Abang sekarang. Hari ini aku ke Tanah Abang, karena memang lagi santai, dan pingin belanja kain, dan pingin liat seberapa nyamannya Tanah Abang sekarang.

Masih belum berani bawa mobil ke sana, karena masih belum tahu arah lalinnya, dan belum tahu situasi parkirnya. Selama ini juga kalau ke tanah abang, mobil di parkir di Sarinah, trus naik kopaja/metromini/mikrolet/ojek. Sekalian juga santai naik kendaraan umum, pingin tahu kondisi TransJakarta setelah gubenurnya Jokowi.

Tapi teledornya, pergi tadi, kamera nggak terbawa, karena mikirin bekal bawa apel, bawa minum, bawa tas gede buat belanjaan… yaaah.. sampai di bus pingin motret2… gak bisa. Kog ya… nggak kepikir juga motret pake HP, karena hampir nggak pernah motret pake HP..

TransJakarta busnya memang tidak terlalu bagus, tapi keneknya keren, ramah dan baik pelayanannya. Dia pake baju koko berkalung sarung kotak2 dan berpeci. Sopirnya biasa… ber jas. Bagian tengah ke depan, khusus untuk penumpang wanita.

Perjalanan ini memang aku rencanakan muter, berangkatnya naik bus jurusan Pulo gadung – dukuh atas, jalan di jembatan ke halte yang sudirman, oper bus yang ke sarinah, lalu nyambung pake kopaja yang compang camping penampilannya sampai di depan blok A yang lalinnya mengalir tidak macet, meski beberapa kendaraan umum masih ada yang ngetem nunggu penumpang di sekitar situ.

Pulangnya, naik mikrolet jurusan kota, sampe Harmoni, oper bus TransJakarta jurusan pulogadung. Perjalanan lancar, lalin juga sedang bersahabat.

di Tanah abang, aku cuma menyusuri Blok A dan Blok F, dari ujung ke ujung, sambil liat sepintas mana sih yang namanya blok G. Biasanya setelah blok A ke blok F, jalan nya sempit karena penuh PKL. Blok F bagian belakang juga bersih, meski jalanan masih tertutup puing2, mungkin masih proses peng-aspalan.

Aku menuju blok F langsung, naik ke toko kain, karena ini tujuan utamanya. Kain di blok F lebih murah daripada di Blok A. Kain yang sama, motif sama, bisa beda harga 3-5 ribu per meternya.

Ada beberapa toko yang aku beli, tapi paling banyak beli di tujuh Saudara, karena di sini banyak kain katun halus di banding toko2 di sekitarnya.

Tetep juga menengok toko Suryadi dan toko Jamal di blok A, tapi tidak beli apa-apa. Toko Suryadi hari ini kain2nya kurang seru, sepertinya belum sepenuhnya bisa mengisi rak, karena rak bagian atas tidak penuh. Toko Jamal lebih seru kainnya daripada Suryadi.

Ini lokasi toko kain katun di Tanah abang :

  • Toko Suryadi , Tanah Abang Blok A, Basement 2 blok B no 2
  • Toko Jamal , Tanah Abang Blok A, Basement 2 blok B no 5-6 (depan Toko Suryadi)
  • Toko Tujuh Saudara, Tanah Abang Blok F, Lantai 1 Los EKS 45-46
K_IMG_4329

Hasil belanjaan hari ini, rasanya cukup untuk menyibukkan diri beberapa bulan ke depan.

This entry was posted in Kopdar dan Jalan and tagged , , . Bookmark the permalink.

16 Responses to Belanja kain (lagi) ke Tanah Abang

  1. tinsyam says:

    hasil belanjaannya banyak juga tuh mbak.. bawa naik busway pun? suka yang motif jerapah deh, lucu..
    jadi di blok F lebih murah nih.. cari ah..

    • ine elkaje says:

      iya mbak, di blok F itu kan bangunan lama, nggak pake AC, nggak kayak blok A dan blok B, jadi mungkin sewanya lebih murah, jadi umumnya harga di sini lebih murah.
      cuma klo baju2, bagusan di Blok A dan B

  2. novianadewi says:

    Ih, cakep-cakep motif kainnya. Itu bakal bikin apa, Cie?

  3. eddyjp says:

    Jalanan udah lancar yah Ne, daku sudah beberapa kali lewat situ minggu lalu.

    • ine elkaje says:

      udah Ed, tertiblah. itu sampe ke dalam2nya juga tertib, meski jalanan di dalam itu masih berupa brangkal, belum di aspal, tapi udah ndak ada PKL.
      semoga aja bisa terjaga kayak gini, ndak ruwet

  4. Terus akhirnya beli berapa meter, mbak? Kayaknya sudah nyaman ya belanja di Tanah Abang? Pengin tahu euy situasi di Blok G…..

  5. mbak boleh minta infonya kalau mau beli kain cotton combed untuk kaos polosan gitu di tanah abang kira-kira di blok f ada ngga? mbak sempat liat gitu mungkin? thanks for sharing

  6. ndutyke says:

    aku dulu beberapa kali mampir ke blog ibu yg di MP.
    setelah MP tutup, sempet mikir, kemanakah elkaje pindah, hehehe….

    akhirnya nemu disini, thanks to link dari blognya endeka (yg awalnya sempet kukira sebage elkaje😀 soale namanya mirip…..)

    postingan ini aku like, krn suatu saat pengen juga ngeborong kain di Tanabang😀

  7. fany says:

    mba kain nya itu buat seprei ya?

  8. juliana says:

    Mbak,bisa tw ga nmr telpnya toko jamal dan toko tujuh saudara?thx

  9. raisyha03 says:

    25ribu per meter apa gak mahal.aku beli di pasar cuma 15.000-18.000/meter.apa beda jatuhnya ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s