Akhirnya berangkat juga.

Bulan Agustus, ada supplier memberikan tiket jalan-jalan ke Korea.

Karena suasana hati sedang galau, tiket ini tidak kusambut dengan sukacita, tetapi maju mundur. Aku di minta menyetorkan data untuk di daftarkan ke Travel Biro yang mengurus perjalanan ini, sampai deadline, data tetap belum dibuat.

Pasporku, harus di urus perpanjangan, karena akan berakhir di bulan Oktober. Aku tak segera berangkat mengurus perpanjangan ini. Bawaannya males, dan merasa… tidak akan berangkat dah.

Saat akhirnya bias melangkah ke kantor imigrasi, sudah antri, sudah dapat nomor… eh.. servernya down, dan tidak ada kepastian kapan bisa berfungsi. Ya sudah.. pulang.. ini pertanda…  memperkuat perasaanku, tidak perlu pergi ke Korea.

Akupun berniat curhat pada salah satu direkturku, tentang tumpukan masalah yang aku hadapi termasuk membatalkan/menolak ajakan jalan-jalan ke Korea ini, mumpung belum di urus bener.  Sebelum aku menghubungi pak Dir, kog ya kebetulan kami bertemu di lift, pak Dir menyapa “apa kabar, sudah lama ya kita tidak ngobrol”  Langsung aku diajak mampir ke ruangnya, dan ngobrol ngalor ngidul soal kerjaan.

Sebelum aku menyampaikan uneg-unegku, pak Dir sudah menutup pembicaraan. Nyaris kecewa aku… tetapi penutup pembicaraan pak Dir ini, seperti beliau mengerti apa yang ingin aku sampaikan “OK… Ine…, seneng saya bisa ngobrol denganmu, tetap semangat ya, makin sukses dan maju. Kamu tetap fokus ya, meski tidak mudah, jalani apa yang harus kamu jalani, jangan menghindari apapun, baik itu masalah atau berkah…. ” nyeeeessss…. perasaan jadi damai dan bersemangat, rasanya sebagian beban sudah terangkat.

Langsung besoknya, aku ngurus ke kantor imigrasi, server sudah tidak masalah, tetapi buntut dari server down beberapa hari sebelumnya, masih ada. Aku yang seharusnya dapat nomor awal, baru bisa menyelesaikan proses perpanjangan paspor jam 2 siang. Padahal, antri ambil nomor dari jam 5 pagi!

Meski data dan dokumen diserahkan setelah lewat deadline, semua bisa di urus lancar. Tapi keraguan masih juga membayangi…

Aku tak kunjung mempersiapkan diri, tidak menurunkan kopor, tidak mengeluarkan over coat, jaket, Syal, tidak membeli Won.  4 hari menjelang berangkat, aku kena diare. Hari berikutnya makin parah, aku tidak ke dokter, tidak minum obat untuk menghentikan diare. Cuma minum norit, banyak minum dan garam oralit.  Justru suami yang panik, yang mendesak desak untuk ke dokter.

Selama diare, tidak merasa lemas dan lesu, tetap segar, cuma pikiran yang ruwet aja.

Sehari menjelang berangkat, itu diare mampet langsung. Rabu malam, aku baru menurunkan kopor, dan mengisinya. Kamis pagi aku masih bekerja seperti biasa, kamis malam, akhirnya… berangkat juga ke Korea dengan perasaan campur aduk.

IMG_4669

layang2 di tepi sungai Han, di foto dari bus yang sedang berjalan

seoul tower nov 2013

Seoul Tower

**

This entry was posted in Ngalor_Ngidul, Tak_Terlupakan and tagged , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Akhirnya berangkat juga.

  1. eddyjp says:

    Kekek masih untung dikau sampe the last minute jadi berangkat, daku persiapkan 1 minggu sebelumnya, last minute tak jadi ke atas pesawat..ha.ha.ha.

    • ine elkaje says:

      kenapa ya waktu itu Ed? takut dingin ya kayaknya kamu? hehehe…
      emang gila bener tuh, kemarin aku berangkat tanggal 7 nov. beberapa hari terakhir ngalami sampe minus satu derajat… bbbrrrrr….. untung sehat sampe pulang sehingga bisa menikmati jalan2nya.

  2. nyonyasepatu says:

    kenapa gak semangat mba? kalo gak semangat gitu, kasiiin aku aja tiketnya hahaha

  3. novianadewi says:

    Untunglah akhirnya berangkat. Sayang banget kan kalo ada berkat ditolak.

Leave a Reply

