Pilih mana? pakai Karet atau pakai Kawat?

Sabtu malam, aku ke dokter gigi, karena bahu kananku pegel banget. Lho….?
lha iya, sabtu pagi pas bangun, bahu sebelah kanan kencang dan pegel, pingin di pijit. Rasa pegal ini menjalar sampai ke belakang leher dan pipi kanan. Trus pas minum teh hangat, langsung berasa …sengkriiing… gusi kanan ngilu banget. Celaka nih…apa gigi lubang? aku ingat-ingat, kontrol terakhir Desember lalu baik-baik saja, dan aku termasuk yang rajin merawat gigi dan mengunjungi dokter gigi.
Karena Yoke perlu juga agar kawat bracketnya di perbaiki sedikit, Yoke ikut mau periksa juga. Karena aku merasa pusing sebelah, aku nggak mau setir mobil, harus dianterin nih, sekalian Rachel di ajak. Baru kali ini ke dokter bawa rombongan sirkus.
Dokternya sudah kenal baik, karena dia yang merawat gigi Yoke sejak pertama kali di Bracket. Rupanya, problemku, gusinya radang. Tidak ada masalah dengan gigi, tapi gusinya saja. Aku hanya perlu mengoleskan gel sehari lima kali, sambil rongent juga, untuk deteksi lebih lanjut, apakah ada problem lain.
Karena Rachel ikutan, sekalian aku suruh dokter memeriksa giginya. Gigi permanennya sudah tumbuh 6. ke enam gigi baru tampaknya gede2 mulai mendesak gigi susu. Aku minta dokter melihat prospek tumbuhnya, apakah bakal jadi gitong? (gigi tongos) Mengingat Rachel sampai sekarang masih mengisap jempol kanannya. (bahasa Rachel -> nyutnyut)
Analisa dokter, melihat dari emak bapak dan kakaknya, kemungkinan emang giginya bakal gede gede. Sementara gusinya sendiri kecil, kurang berkembang. Kalau dibiarkan sampai semua gigi permanen tumbuh, kemungkinan akan tongos atau gingsul (nggak rapi tumbuhnya, saling bertumpuk)
Memang nantinya bisa di atasi dengan di pasang bracket seperti Yoke. Tapi kawat gigi kan muahal banget. Bisa di cegah mulai dari sekarang, Rachel harus rajin pasang karet. Karet ini bentuknya seperti gigi palsu yang nyambung antara gigi atas dan gigi bawah. fungsinya untuk membantu arah tumbuh dan mengembangkan gusinya. Harus disiplin pakai, setiap tidur malam, dan selama satu jam di siang hari.
Harga karetnya pun nggak murah. Tapi kalau aku liat, Rachel cukup patuh untuk ikut aturan. Misalkan, jangan makan ayam goreng Mc D atau KFC dan sebangsanya. Dia patuh. Jadwal Les dan pr, dia kerjakan tanpa perlu di uber2.
Aku tanya ke Rachel, pilih mana? pakai karet tiap malam sampai gigi permanen tumbuh semua? atau pakai kawat gigi selama bertahun tahun, lebih sakit dan biaya lebih tinggi?
Rachel tahu ketika pertama pertama Yoke pasang behel, sakitnya, rewelnya, ribetnya. Rachel langsung pilih, pakai karet. Ya….maka karet itu langsung dibeli.
Malam sebelum tidur, langsung di pasang karet dan tidur langsung nyenyak.
Pagi pagi, bangun tidur Rachel teriak “Mama…karetnya tertelan!”
Matih aku….panik! Karet segede itu? tertelan? Coba cari dulu…ngumpet di selimut kali? Nggak ada juga…. rupanya itu karet terlepas dan terlempar ke bawah kolong!.
Hehehe…..emang sih, dokter sudah bilang, 3 bulan pertama adalah penyesuaian, masih bakal sering lepas tanpa sadar. Tapi siapa sangka lepasnya sampai ke kolong?
Menurut Yoke, ada baiknya Rachel pakai karet yang 3 in 1.
1 karet funsinya 3 katanya.
Satu : membantu gigi tumbuh rapi
Dua : mencegah nyutnyut waktu tidur, dengan harapan, kebiasaan ini hilang
Tiga : Mengurangi berisik, mencegah ceriwis. (ini salah satu kelebihan sekaligus kekurangan Rachel)
Beberapa teman tanya dokter giginya Yoke
Drg Hasen Handjaja
Jl Danau Indah 4 Blok A3/37 Sunter Indah
telp6501168

Lokasinya Sunter di belakang kampus IBii. Praktek tiap malam termasuk malam minggu.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

30 Responses to Pilih mana? pakai Karet atau pakai Kawat?

  1. kuenyaoyan says:

    kocak banget ….karet 3 in 1 ..hehehe ada-ada ajah ….aku juga pake Beukel ni mbak udah tua gini…:D

  2. elkaje says:

    kuenyaoyan said: kocak banget ….karet 3 in 1 ..hehehe ada-ada ajah ….aku juga pake Beukel ni mbak udah tua gini…:D

    Iya, bener2 3 in 1. mudah2an berhasil. si dokter bilang rata2 dari 10 pasiennya yang pake karet cuma 2 yang berhasil karena kedisiplinan.Kamu dah berapa tahun pake? biarpun dah tua:-)) tetap bisa berubah kog, memang pergerakannya lebih lambat ketimbang yang masih kecil ya. Anakku sudah nggak pake karet warna warni lagi. dulu kalau mau ganti karet, beberapa hari sebelumnya sudah merencanakan pake warna apa dan apa…. sampe pesen ke dokternya, warna tsb spy di sediakan. hihihi….mentang2 akrab sama si dokter. Sekarang si Yoke dah rapi jali, tinggal menguatkan posisi aja. mudah2an beberapa bulan ini bisa copot.aku berharap si Rachel ntar nggak sampe di beukel gitu, Cape kontrolnya mesti disiplin juga.

  3. mycapsicum says:

    ternyata nggak cuma Coffee Mix yang 3 in 1 :-Psemoga giginya jadi bagus dan kuat ya…

  4. estherlita says:

    Ternyata di Indonesia namanya jadi beukel padahal asalnya beugel….ya kurleb mirip ya ?Iya memang anak sekarang kok banyak yang cenderung “gito” ya ? Anaknya adikku 3 orang semua gito, anakku juga, cuma karena laki2 jadi muales kalau disuruh di brace…..Yang ada kalau papanya nyruh ke dokter untuk di brace jadi malah berantem….pusing deh akunya….

  5. olin says:

    waduh seru amet ya ada 3 in 1

  6. elkaje says:

    mycapsicum said: ternyata nggak cuma Coffee Mix yang 3 in 1 :-Psemoga giginya jadi bagus dan kuat ya…

    ha…iya, bukan cuma kopi atawa aturan di jalan sudirman dan gatot subroto jakarta atawa shampo. iya nih…semoga bagus dan cantik luar dalam. thks ya

  7. elkaje says:

    estherlita said: Ternyata di Indonesia namanya jadi beukel padahal asalnya beugel….ya kurleb mirip ya ?Iya memang anak sekarang kok banyak yang cenderung “gito” ya ? Anaknya adikku 3 orang semua gito, anakku juga, cuma karena laki2 jadi muales kalau disuruh di brace…..Yang ada kalau papanya nyruh ke dokter untuk di brace jadi malah berantem….pusing deh akunya….

    iya kali nulisnya beugel. aku ngikuti Drgnya mbak. hihihi…pokoknya…bunyinya gitu.iya lho…banyak yang gitong mungkin saking bagusnya gizi, sampe giginya tumbuh optimal, tapi kog gusinya ketinggalan tumbuh. hihihihi…..kata si Drg, anak perempuan lebih gampang dan bertanggung jawab soal rutin kontrol ketimbang anak laki2.

  8. elkaje says:

    olin said: waduh seru amet ya ada 3 in 1

    Iya nih, terutama fungsi yang ke 3 itu lho….kalau dia belum tidur, belum bisa baca buku dan dengar musik dengan tenang tuh. hihihi…. ngomooooong dan tanyaaaaaa mlulu.

  9. kuenyaoyan says:

    elkaje said: Anakku sudah nggak pake karet warna warni lagi. dulu kalau mau ganti karet, beberapa hari sebelumnya sudah merencanakan pake warna apa dan apa…. sampe pesen ke dokternya, warna tsb spy di sediakan. hihihi….mentang2 akrab sama si dokter.

    Baru mo setaun ni mbak …Sama dong …aku suka iseng ama dokternya smsan kalo mo ganti karet …dok ada warna pink fuchsia ngga ? ada warna pink sama biru muda buat di selang seling …. berasa abg banget :-))

  10. elkaje said: ngomooooong dan tanyaaaaaa mlulu.

    itu artinya anak cerdas, mbak.. buktinya kreatif pas papa ultah.. :DRachel umurnya berapa ya, mbak??

  11. indbahar says:

    Mbak,aku mau pasang karet spt Rachel yg 3 in 1,fungsinya utk point ke 3:”mengurangi berisik dan mencegah ceriwis”..hahaha..kakak Yoke ada-ada saja!

  12. cindil says:

    Waduh ilmu baru… si cindil juga kayanya kudu dipasang karet atau langsung kawat ya? soalnya dia ngikut ekke giginya gede dan mulutnya gak cukup menampung gigi dia, harus ada yg dikorbankan. ekke gigi taring harus dikorbankan biar tempatnya cukup hi hi hi….. rachel umur berapa?

  13. cindil says:

    elkaje said: *** Tiga : Mengurangi berisik, mencegah ceriwis.

    langsung semangat mo bawa cindil ke Drg hi hi hi….

  14. elkaje says:

    sicantikdysca said: itu artinya anak cerdas, mbak.. buktinya kreatif pas papa ultah.. :DRachel umurnya berapa ya, mbak??

    mudah2an cerdasnya melebihi ceriwisnya :-))) umurnya 7 tahun 5 bulan.

  15. elkaje says:

    indbahar said: Mbak,aku mau pasang karet spt Rachel yg 3 in 1,fungsinya utk point ke 3:”mengurangi berisik dan mencegah ceriwis”..hahaha..kakak Yoke ada-ada saja!

    Emang tante Indri ceriwis dan berisik ya. hihihi…..

  16. elkaje says:

    cindil said: Waduh ilmu baru… si cindil juga kayanya kudu dipasang karet atau langsung kawat ya? soalnya dia ngikut ekke giginya gede dan mulutnya gak cukup menampung gigi dia, harus ada yg dikorbankan. ekke gigi taring harus dikorbankan biar tempatnya cukup hi hi hi….. rachel umur berapa?

    karet itu cuma untuk yang masih banyak gigi susunya. Kalau dah gigi permanen semua, harus di kawat tuh. Ternyata kata Drgnya Yoke, justru gigi taring tidak boleh di kurbankan, sebelahnya lagi yang di ambil (geraham ?? ), gigi taring itu mempermanis wajah. hihihi….Yoke di ambil 4 giginya spy rapi seperti sekarang. 2 atas, 2 bawah.dia pakai kawat sejak umur 12 tuh.

  17. elkaje says:

    cindil said: langsung semangat mo bawa cindil ke Drg hi hi hi….

    Emang…sony ericsonmu nggak mampu mengalahkan suara Cindil?. hihihi……

  18. cicipcicip says:

    hahahhahaha kocak banget si Rachel…. aku bacanya ampe ketawa geli sendiri.aku baru tau nihh mbakk pake karet, ilmu baru bener kt cindil..hehehe

  19. elkaje says:

    cicipcicip said: hahahhahaha kocak banget si Rachel…. aku bacanya ampe ketawa geli sendiri.aku baru tau nihh mbakk pake karet, ilmu baru bener kt cindil..hehehe

    iya Va, Semalam aku kontrol lagi ke dokter, aku tanyain lagi soal karet ini, emang belum populer di sini, ini dipakai untuk anak umur 6-12 tahun. yang kira kira punya kecenderungan gitong:-) cepet2 deh konsultasikan, ini bisa di cegah.

  20. mixedcouple says:

    elkaje said: Aku tanya ke Rachel, pilih mana? pakai karet tiap malam sampai gigi permanen tumbuh semua? atau pakai beukel selama bertahun tahun, lebih sakit dan biaya lebih tinggi?

    Salam kenal Mbak Ine..Anak pake kawat gigi ya? Sori mau komen nih, sharing berdasarkan pengalaman sendiri dan sepupu2 saya yg pake kawat gigi. Dulu orthodontist kami cuma kasih tahu kalo retainer dipake selama enam bulan saja. Ternyata gigi kami yg udah rapi mulai berubah posisi lagi saat geraham bungsu muncul, akibatnya sepupu dan saya sendiri juga harus dikawat lagi giginya ( tentu saja setelah semua geraham bungsu dicabut).Saat selesai masa pengawatan yg kedua ternyata orthodontist ngasih permanen retainer untuk gigi bawah ( jd dipagari tuh gigi2 di bagian dalam) trus untuk gigi atas dikasih retainer yg bisa dilepas..tapi harus dipake selama delapan jam setiap harinya selama seumur hidup!Dan rupanya aturan pasca pengawatan ini berlaku untuk semua pasien ortho disini (US/Canada).

  21. elkaje says:

    mixedcouple said: Salam kenal Mbak Ine..Anak pake kawat gigi ya? Sori mau komen nih, sharing berdasarkan pengalaman sendiri dan sepupu2 saya yg pake kawat gigi. Dulu orthodontist kami cuma kasih tahu kalo retainer dipake selama enam bulan saja. Ternyata gigi kami yg udah rapi mulai berubah posisi lagi saat geraham bungsu muncul, akibatnya sepupu dan saya sendiri juga harus dikawat lagi giginya ( tentu saja setelah semua geraham bungsu dicabut).Saat selesai masa pengawatan yg kedua ternyata orthodontist ngasih permanen retainer untuk gigi bawah ( jd dipagari tuh gigi2 di bagian dalam) trus untuk gigi atas dikasih retainer yg bisa dilepas..tapi harus dipake selama delapan jam setiap harinya selama seumur hidup!Dan rupanya aturan pasca pengawatan ini berlaku untuk semua pasien ortho disini (US/Canada).

    salam kenal juga ceetea,justru itu, untuk mencegah Rachel pakai kawat gigi, maka dia pakai karet sebelum semua gigi permanennya tumbuh.Yoke nih…yang udah pake, entah ntar mesti dipagari juga nggak tuh. thks ya sharingnya, ntar bisa jadi bahan pertanyaan ke drgnya Yoke nih.

  22. foodngarden says:

    heheheeee… kocak dah ah! toast rach!

  23. cindil says:

    elkaje said: Emang…sony ericsonmu nggak mampu mengalahkan suara Cindil?. hihihi……

    I wish….

  24. oentung says:

    Yoke sabar juga yah…sdh segitu lama pakai kawat gigi…aku termasuk yg 8 org itu loh..hehehe…hasilnya sampai sekarang masih renggang tuh gigi yg dicabut, meski renggangnya sdh gak segedhe pas selesai dicabut. Pernah tuh kawat sampai patah, gara2 sering dilepas2 (^^,) Salut…abis kan sakit dan ngilu yah!

  25. hahahaha.. kebayang kalau beneran ketelan 😀

  26. elkaje says:

    oentung said: Yoke sabar juga yah…sdh segitu lama pakai kawat gigi…aku termasuk yg 8 org itu loh..hehehe…hasilnya sampai sekarang masih renggang tuh gigi yg dicabut, meski renggangnya sdh gak segedhe pas selesai dicabut. Pernah tuh kawat sampai patah, gara2 sering dilepas2 (^^,) Salut…abis kan sakit dan ngilu yah!

    Demi…. mau cantik…. hehhe

  27. elkaje says:

    bundazidansyifa said: hahahaha.. kebayang kalau beneran ketelan 😀

    HAH….jangaaaaaannnnnn 😦

  28. haleygiri says:

    hihihi… kirain tertelan benerann..

  29. j3ssic4h says:

    hai sis, anakku juga pakai karet seperti ini, masalahnya klo malem pas dia pakai sering tanpa sengaja terlepas. aku bingung mau bangunin dia trus suruh pasang lagi atau didiamkan saja yo? kl anak sis gimana?

  30. elkaje says:

    seharusnya di pasang lagi.tapi aku diamkan aja tuh. yang penting, tiap malam si anak mau pakai di saat berangkat tidur.awalnya emang nggak lama, terlepas sendiri.tapi setelah beberapa bulan, dia terbiasa dengan karetnya, bisa sampai pagi tuh.

Leave a comment